Cara Mencari Lokasi Sumber Air Tanah Untuk Sumur Bor

pengeboran

Kehidupan tanpa air tentu tidak bisa disebut dengan kehidupan. Sebab makhluk hidup membutuhkan air untuk bertahan hidup. Bagi manusia, air dimanfaatkan untuk kepentingan sehari-hari. Diantaranya digunakan untuk kebutuhan mandi, memasak, dimasak untuk dijadikan air minum, mencuci pakaian, dan masih banyak lainnya. Selain itu, air juga banyak dimanfaatkan pada sektor usaha dan industri. Usaha memanfaatkan serta mengembangkan air pun sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Salah satu usaha tersebut adalah dengan membuat sumur. Di zaman dulu, untuk mengambil air sumur menggunakan timba. Namun perkembangan zaman yang semakin canggih, mengambil air dari dalam sumur sudah semakin mudah. Yakni bisa memanfaatkan pompa dan dialirkan menggunakan pipa-pipa ke penampungan. 

Beberapa Cara Mencari Lokasi Sumber Air Tanah

Untuk Anda yang ingin memiliki sumber air sendiri, maka pilihan tepat jika membuat sumur. Akan tetapi, sebelum membuat sumur ada hal-hal yang harus diperhatikan dengan baik terlebih dahulu. Ini dilakukan supaya bisa mendapatkan sumber air bersih yang berkualitas dan tidak terkontaminasi dengan sampah atau bakteri lainnya. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih lokasi sumur terbaik.

  • Pastikan lokasi sumur tidak berdekatan dengan toilet, kamar mandi, WC atau saluran air kotor. Ini dimaksudkan supaya tidak ada kontaminasi saluran pembuangan dengan jaringan sumur air tanah.
  • Gunakan jarak minimal 5 meter untuk memisahkan antara lubang sumur air yang dibuat dengan area resapan toilet terdekat. Jarak minimal ini apabila tanah di sekitar lokasi pembuatan sumur merupakan tanah liat. Sedangkan untuk tanah berpasir jarak minimalnya adalah 7.5 meter.
  • Apabila ingin membuat sumur bor, baiknya dipasang pipa casing mulai dari permukaan tanah sampai kedalaman air. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari resapan air permukaan tanah yang nantinya bisa merusak kualitas sumber air bersih.

Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk menentukan sumber air sebelum melakukan pengeboran sumur.

Garam

  • Jenis garam yang digunakan untuk mengindikasi tanah memiliki sumber mata air atau tidak ini bebas. Tidak harus menggunakan jenis garam yang beryodium.
  • Letakkan 1 atau dua genggam garam diatas tanah pada kira-kira jam 7 atau 8 malam, lalu tutup rapat menggunakan kaleng bekas yang sebagian sisi terbuka dan sisi luar tertutup.
  • Saat sudah pagi hari, lihatlah garam tersebut. Apabila garam tersebut habis atau tinggal sedikit, maka pada titik tersebut terdapat sumber airnya.
  •  Apabila diperlukan bisa meletakkan garam dan kaleng pada beberapa titik sekaligus untuk melihat titik mana yang garamnya paling sedikit. Nah disitulah bisa dibuat sumur.

Tempurung Kelapa

  • Pilih lokasi dimana sumur akan dibuat dengan luas lahan sekitar 2×2 meter. Persiapkan setengah lingkaran tempurung kelapa, selanjutnya letakkan tempurung tersebut diatas dasar tanah di lokasi titik sumur. Waktu yang tepat untuk memasang sekitar pukul 19.00 – 07.00 pagi.
  • Paginya tempurung diangkat dan lihat apakah ada bintik-bintik air yang menguap dan lengket pada bagian dalam.
  • Jika ada bintik-bintik air yang menguap dan lengket pada dasar tempurung, artinya di lokasi tersebut terdapat mata air. Yang mana di lokasi tersebut bisa dibuat sumur. Tetapi jika tidak ditemukan bintik air, maka harus mencari lokasi lahan sumur lain di sekitar rumah.

Teknik Daun Pisang

  • Cara ini dimanfaatkan untuk menganalisa kelembaban tanah. Ambil beberapa lembar daun pisang, taruh daun tersebut di beberapa titik yang akan di bor. Untuk waktunya sekitar jam 9 atau 10 malam.
  • Di pagi hari bisa dilihat apakah ada embun yang menempel pada daun pisang tersebut atau tidak. Jika embun menempel banyak, artinya debit air tanah semakin banyak. Tetapi jika tidak ada, maka harus mencari lokasi lain.
  • Juga pastikan lokasi pembuatan sumur harus ada jarak kurang lebih 10 meter atau lebih dari WC/Septic tank. Ini dimaksudkan supaya air sumur tidak tercemas oleh bau limbah dan air bisa layak diminum.

Geolistrik

Merupakan salah satu teknik yang dimanfaatkan untuk menentukan titik pengeboran dengan lokasi mempunyai cekung air/sumber air yang banyak. Metode ini membutuhkan lahan untuk dilakukan survey untuk mencari cekungan air dalam tanah. Survey geolistrik ini bisa memperoleh informasi keadaan tanah sampai 150meter. Selain itu survey geolistrik bisa dimanfaatkan untuk mengetahui kandungan mineral dalam perut bumi. Seperti pasir, batu andesit, emas, batu bara, bijih besi serta kandungan lainnya.

Geo Electromagnetic Satellite Scan

Untuk metode yang satu ini lebih akurat dibandingkan dengan menggunakan cara geolistrik. Ini karena mampu melacak lebar sungai bawah tanah, arah aliran sungai bawah tanah, mengetahui kedalaman jalur sungai bawah tanah, mengetahui frekuensi aliran air tanah dan masih banyak lainnya. Akurasi yang didapatkan geo electromagnetic satellite scan sebesar 90%.

Tips Memilih Jasa Pengeboran Sumur Terbaik

Bagi Anda yang ingin membuat sumur tetapi belum juga menemukan jasa pengeboran sumur terbaik. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya.

  • Mencari Rekomendasi

Mungkin di tempat Anda terdapat banyak jasa pengeboran sumur, tetapi kurang tahu mana yang benar-benar berpengalaman atau belum. Nah untuk solusinya, Anda bisa meminta rekomendasi kepada teman atau kerabat yang pernah membuat sumur bor dengan memanfaatkan jasa pengeboran. Mereka yang sudah pernah bekerja sama dengan jasa pengeboran pasti bisa memberikan rekomendasinya. Anda pun bisa bertanya-tanya terlebih dahulu mengenai jasa pengeboran yang direkomendasikan tersebut seperti apa.

  • Mengetahui Kredibilitas Usaha

Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui bagaimana kredibilitas dari jasa pengeboran sumur tersebut. Baik buruknya kredibilitas usaha bisa dilihat dari beberapa faktor. Seperti legalitas usaha, apabila jasa pengeboran sumur tersebut sudah memiliki legalitas. Artinya jasa tersebut berani bertanggung jawab atas segala kesalahan yang mungkin nantinya dilakukan oleh jasa tersebut. Kemudian bisa melihat dari segi jam terbang yang dimiliki pengeboran sumur tersebut. Semakin banyak jam terbang, artinya klien yang melakukan kerja sama dengan jasa tersebut sudah banyak.

  • Mempertimbangkan Penawaran Biaya Jasa

Hal selanjutnya yang harus dicermati dengan baik adalah mempertimbangkan penawaran biaya jasa pengeboran sumur. Perlu diketahui bahwa jasa pengeboran sumur bisa memberikan penawaran biaya jasa yang berbeda-beda. Nah, sebagai customer, kita harus bisa pintar-pintar memilih biaya jasa yang terjangkau. Terlebih lagi pihak jasa pengeboran sumur yang benar-benar berpengalaman pastinya akan memberikan penawaran biaya jasa terjangkau. Artinya biaya tersebut tidak murah atau terlalu mahal.

  • Pastikan Adanya Garansi

Terakhir yang harus dipertimbangkan dengan baik adalah dari segi garansi. Jasa pengeboran sumur yang berpengalaman dan sudah memiliki reputasi pastinya bisa memberikan garansi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab kepada klien jika terjadi sesuatu pada sumur yang sudah dibuat. Oleh karena itulah, pastikan Anda mencari tahu terlebih dahulu apakah jasa pengeboran yang akan diajak kerja sama bisa memberikan garansi atau tidak. Apabila tidak bisa memberikan garansi, maka bisa memilih jasa pengeboran lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat dengan kami melalui WhatsApp